Sabtu, 12 September 2015

Kontek Sosial Histori Masyarakat Pulongandang

KONTEKS SOSIAL - HISTORIS MASYARAKAT PULONGANDANG 1990-2015

Era globalisasi membawa banyak perubahan terhadap gaya hidup masyarakat. Salah satunya tampak pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. 

Dampak positifnya adalah kemajuan teknologi dapat membantu meringankan pekerjaan atau  alat untuk hiburan bagi kehidupan manusia. 

Dampak negatifnya diantaranya adalah bisa merubah manusia menjadi malas dan frekuensi interaksinya dengan sesama manusia pun akan berkurang karena para pemainnya lebih asik dengan teknologi yang di milikinya seperti game atau permainan daripada siapa yang di sampingnya. 

Khususnya anak-anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan berada pada masa bermain dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar akan sesuatu yang baru dan ketika era globalisasi membawa banyak hal baru bagi mereka seperti permainan modern maka mereka akan mencoba mencari tahu hal tersebut dan ketika mereka merasa nyaman dengan hal baru tersebut maka mereka akan ketagihan atau kecanduan dengan permainan modern seperti game online. 

Anak-anak sangat gemar bermain dan ketika mereka terlalu banyak menghabiskan waktu dengan permainan modernnya yang dimainkan secara individual, ini akan menimbulkan jarak sosial di antara mereka dan akan menurunkan kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain dan solidaritas sosialnya pun semakin rapuh dan ini akan berpengaruh pada kehidupan sosial mereka ketika mereka dewasa.

Masyarakat di Pulongandang ini mayoritas adalah warga pribumi yang penulis coba analisis. Dahulunya pada tahun 2004 komunitas masyarakat di Pulongandang ini  mayoritasnya adalah pekerja di sektor pertanian dan anak-anak mereka lebih suka memainkan permainan tradisional karena permainan modern belum masuk ke daerah ini, selain itu perekonomian mereka belum dianggap cukup untuk membeli permainan atau alat yang di anggap modern tersebut karena dianggap memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk membeli permainan modern. 

Namun kini tahun 2014 ketika era globalisasi sudah melanda Indonesia, Negara ini mencoba untuk melakukan pembangunan, pemerintah mencoba mamajukan atau memodernisasikan sektor industri dan menyerap tenaga kerja dari pedesaan. 

Dan membangun industri-industri besar di daerah-daerah yang dulu masih tertinggal dan masyarakat mayoritas bekerja di sektor pertanian dengan hidup tradisional lalu diarahkan ke sektor industri. 

Sehingga itu ikut merubah masyarakat menjadi para pekerja buruh dan karyawan di sektor industri dan itu sedikit demi sedikit merubah cara hidup mereka yang dahulu bertani menjadi pekerja di perusahaan. 

Seperti yang diungkapkan oleh Hobsbawn (1997) dan Appadurai (1996) bahwa tumbuhnya institusi dan organisasi transnasional telah menggerogoti kekuasaan Negara-bangsa dan struktur sosial lain yang lebih bersifat lokal dalam menciptakan perbedaan dalam kehidupan masyarakat

Masuknya pengaruh globalisasi yang merubah matapencaharian komunitas masyarakat Pulongandang ini turut andil dalam proses perubahan sosial berupa perubahan pola permainan anak yang awalnya tradisional menjadi lebih modern. 

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk pada kehidupan masyarakat dan anak-anak di  komunitas masyarakat Pulongandang ini dan para keluarga di daerah ini sudah mampu membeli barang-barang elektronik modern seperti televisi yang menjadi sumber segala informasi dan dari televisi ini mereka dapat melihat berbagai perkembangan di dunia bagian lain dan dapat mendapatkan hal-hal baru seperti perkembangan permainan modern yang terbaru dengan visualisasi yang dibuat semenarik mungkin oleh para produsen dan ditampilkan di iklan-iklan yang banyak dinikmati oleh anak-anak.

Kontek Sosial Histori Masyarakat Pulongandang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Pulsa

0 komentar:

Posting Komentar