Sabtu, 12 September 2015

Perubahan Pola Permainan Anak Pulongandang

DAMPAK PERUBAHAN POLA PERMAINAN PADA KOMUNITAS ANAK PULONGANDANG DARI PERMAINAN TRADISIONAL KE MODERN



Suatu perubahan pasti akan menghasilkan suatu dampak baik positif maupun negatif.  

Dampak positifnya adalah anak menjadi tahu perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, permainan modern seperti game online juga dapat meningkatkan reaksi pada audio visual pemainnya, karena mereka harus berkosentrasi, mendengar, dan melihat gerak permainan itu. 


Serta  menjadi terbiasa memecahkan masalah  dengan memakai analisanya. Tetapi  dampak negatifnya adalah adanya perubahan pada hubungan sosial anak atau interaksi anak dengan temannya jika anak terlalu asik dengan permainan modernnya interaksi kreatif anak dengan teman dan lingkungannya menjadi berkurang bahkan menjadi acuh. 

Dan  ini akan berdampak pada cara bergaul anak dengan lingkungannya sehingga konsep diri anak akan terbentuk diri yang individualis. 

Sehingga keakraban diantara anak-anak dengan temannya sulit terbentuk.  Ini tidak terjadi pada permainan tradisional karena permainan tradisional di mainkan secara bersama-sama dengan temannya. 

Permainan modern seperti game online juga bisa membuat anak menjadi kecanduan, Kecanduan bermain game secara berlebihan dikenal dengan istilah Game Addiction (Grant, J.E. & Kim, S.W. (2003). 

Artinya  konsep diri anak akan terpengaruh, seorang anak akan lebih menyukai permainan gamenya dan lama kelamaan lupa dengan teman dan lingkungan sosialnya dan itu mempengaruhi cara di berinteraksi dengan orang lain dan cara dia menghadapi kenyataan.

Inilah yang terjadi pada komunitas anak di Pulongandang, banyak anak-anak yang dahulu bermain bersama di luar rumah sekarang mereka menjadi jarang keluar karena mereka memilih menonton tv atau pergi ke rental playstation atau ke warung internet. 

Karena mereka jarang keluar rumah, ketika ada anak baru di samping rumah mereka, mereka tidak tahu. Jarangnya mereka bermain bersama membuat keakraban mereka menjadi berkurang. 

Bahkan ketika mereka sedang jalan bersama dengan teman, mereka sibuk dengan hp atau game mereka. Ini merupakan indikator bahwa suatu saat nanti mereka akan menjadi masyarakat yang individualis.

Perubahan Pola Permainan Anak Pulongandang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin Pulsa

0 komentar:

Posting Komentar